Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Tumis Toge Tahu Simpel

Kala itu panas terik, kendaraan mengular diam di tempat. Aku yang mau menyebrang jadi harus lebih hati-hati, karena motor yang suka nyelip diantara mobil suka ngegas seenaknya. 

Dari arah gedung tempat aku datang tadi banyak kerumunan orang keluar, seperti perkumpulan lebah yang lapar, ya memang mereka lapar. Ini jam makan siang, beruntung aku tadi bisa keluar lebih cepat, kalau enggak pasti nanti bakal antri parah di warteg langganan. Kalau udah keduluan biasanya lauk favorit udah ludes.

Ternyata dugaanku salah, di warteg sudah ada yang antri, yah, paling enggak baru 3 orang, belum terlalu banyak. 

Buru-buru aku ikutan antri juga, orang-orang tertib ngasih tau pesanan makan siangnya. Ibu warteg dengan cekatan mengambilkan lauk yang mereka mau. Peluhnya sudah bercucuran, kacamatanya sedikit melorot. Beberapa kali ia menaikkan kaca matanya tapi nggak lama akan melorot lagi.

Ibu warteg ini baik, tapi kalau suasana hatinya lagi nggak baik dia judes juga, eh, lebih sering judesnya ding ketimbang ramahnya. Makanya aku sama temen-temen suka ngasih julukan Bu Judes, "Yuk makan ke Bu Judes!" Begitu kira-kira kalau menjelang jam makan siang. Haha

Walau judes begitu tapi masakannya enak, bersih, dan murah. Makanya tetep jadi warteg favorit kita semua. Posisi wartegnya itu di sebelah kanan lampu merah Petojo kalau dari arah Gedung Graha Lestari.

Tapi kali itu aku ke warteg sendiri karena temen-temenku pada bawa bekal. Kalau aku sih jarang bawa bekal, ngekost, nggak ada dapur, kalau masak pakai rice cooker. Lama banget deh kalau masak, makanya jarang bawa bekal. Lebih praktis beli juga nggak ribet cuci piring, hehe

Biasanya kalau beli ke Warteg Bu Judes ini, aku pesan ikan kembung goreng, sambal terasi, dan tumis toge. Aduh! Ikan kembungnya garing, bumbunya meresap, tumis togenya chruncy dan bumbunya pas! Pokoknya mantap!

Nah, sekarang aku lagi kangen banget makan tumis togenya, makanya pengen masak itu. Udah sekitar 3 tahun kayaknya aku nggak makan, soalnya memang aku udah resign juga buat ngurus Rhe.

Aku juga tinggal di Wonogiri, jadi nggak mungkin banget kalau mau beli warteg ke Bu Judes.

Nutrisi yang terkandung dalam toge

Toge adalah sayuran kaya akan vitamin yang berasal dari biji kacang hijau yang ditumbuhkan. Jadi bisa dibilang toge ini adalah cikal bakal pohon kacang hijau. 

Dilansir dari alodokter, selain enak dimasak dan dimakan mentah sebagai lalapan, ternyata toge juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap lho, yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, dan fosfor.

Tak hanya itu, toge juga kaya akan antioksidan seperti beta karoten, polifenol, dan asam fenolat.

Dengan nutrisi yang cukup lengkap tersebut toge memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, yaitu bisa menlancarkan pencernaan, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan bahkan bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

Wah, makan toge jadi semakin bahagia ya, udah enak kaya akan manfaat lagi.

Resep Tumis Toge Tahu Sederhana



Kebetulan di kulkas ada toge, jadinya aku pengin bikin tumis toge ala Ibu Judes yang rasanya enak dan nagih!

Bahan yang diperlukan:

- Toge 1 ons
- Tahu 4 biji
- Daun bawang 3 lembar
- Cabe rawit 5 buah
- Air 30ml

Bumbu:

- Bawang putih 4 siung
- Lengkuas 3cm, geprek
- Daun salam 3 lembar
- Garam 1/2 sendok teh
- Kaldu bubuk 1/4 sendok teh
- Gula pasir 1/2 sendok teh


Cara Membuat Tumis Toge Tahu Sederhana

1. Cuci bersih toge, aku sarankan mencuci menggunakan baskom agar kulit kepala toge bisa copot dan dibuang, kemudian tiriskan.
2. Lanjut cuci tahu, daun bawang, cabai rawit, daun salam, dan bawang putih.
3. Iris tipis bawang putih dan cabai rawit, lalu tumis hingga harum.
4. Masukkan toge, daun bawang, tahu, lengkuas dan daun salam, tambahkan air 30ml, aduk-aduk hingga mendidih.
5. Kemudian tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir, aduk lagi sebentar. Koreksi rasa, sajikan.

Gampang dan simpel banget kan?

Bikin tumis toge ini masaknya nggak boleh lama, soalnya kalau kelamaan bikin togenya terlalu matang jadi nggak kriuk lagi.

Beneran deh, resep ini anti gagal dan super enak banget!

Happy cooking!


13 komentar untuk "Resep Tumis Toge Tahu Simpel"

  1. Makasih resepnya. .Suka juga bikin tumis toge tahu tp. Pake bumbu sederhana aja cabe bawang garam gula

    BalasHapus
  2. mbakkk aku tim oseng toge juga hahahah soale mudah sih bahan dan cara masaknya hehehe dan enak jadi aku suka memasaknya tapi aku gakpernah pakai daunbawnag wah bolehnih kapan2 pakai daun bawang

    BalasHapus
  3. Ini adalah resep kesukaan saya mbak. Meski bukan penyuka tauge banget, tapi mengingat nutrisinya yang bagus, saya dengan senang hati mengunyah tumis tauge dengan teksturnya yang agak kriuk.

    BalasHapus
  4. Resep tumis toge gk pernah gagal bkin aku nambah nasi mlulu hehehh aku jga suka masak tumis toge mba biasanya menu pendampimg yang pas teri kacang dicabein duh yummi bngt rasanya bkin mau makan mlulu

    BalasHapus
  5. Aku juga doyan sih sama tumis tahu toge. Emang kayak menu andalan banget kalau makan di warteg deh. Karena aku juga kalau makan di warteg menu favoritnya ya tumis tahu toge ini. Hehehe

    BalasHapus
  6. Tumis tahu toge favorit aku banget nih. Bikinnya simpel, Nutrisinya lengkap, murah bahannya dan enak pula apalagi kalau irisan cabe ya banyaken.. aduuh bikin nafsu makan deh

    BalasHapus
  7. Biarpun cowok, kebetulan saya termasuk suka mencoba resep-resep masakan yang bahan dan cara memasaknya mudah. Tumis toge tahu ini, bisa dicoba nih! :)

    BalasHapus
  8. Sejak merantau ke Jakarta, saya jadi suka tumis toge. Dan yang memperkenalkan kepada saya adalah warteg. Mba, itu tahunya enggak digoreng dulu yah terpisah?

    BalasHapus
  9. Sebagai penggemar toge, makasih banget atas resep ini. Entar coba dipraktikkin ah. Lumayan irit bahan makanannya tapi gizi tinggi.

    BalasHapus
  10. Mbak, kalau kaldu bubuk biasanya pakai apa, ya?
    Saya sering bingung untuk belinya.

    BalasHapus
  11. Dibuat tumis enak, buat temen kredok enak, buat isian tahu goreng atau bakwan juga enak, enak semua dah apalagi tinggal santap aja hehe

    BalasHapus
  12. Wah resepnya simpe tapi kalau diliat dari hidangannya nikmat nih Mbak. Bakal cobain ah, apalagi aku suka sekali yg namanya tumis toge tahu ini..

    BalasHapus
  13. Touge emang enak dan katanya bagus untuk kesuburan

    BalasHapus