Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cilung Papeda Jajajan SD Takaran Sendok

Cilung atau aci digulung adalah jajanan yang terbuat dari tepung aci dicampur kocokan telur yang berasal dari Jawa Barat. Saat makan biasanya cocok ditambahkan saos sambal yang pedas. Teksturnya yang kenyal bikin siapa saja menyukainya, di beberapa tempat cilung ini juga disebut dengan papeda.

Pertama kali aku makan cilung adalah ketika aku masih tinggal di Ciputat. Saat itu tetangga baruku menjual jajanan ini, banyak anak-anak yang beli. Aroma gurih dari telurnya menggodaku untuk mencoba mencicip bagaimana rasanya.

Akhirnya sore-sore pas lagi sepi, aku memutuskan untuk beli. Si Teteh, biasa aku memanggil tetanggaku itu, membuat cilung dengan telur puyuh. Katanya lebih praktis, satu telur untuk satu cilung. Setiap bijinya juga murah sekali, dihargai dengan seribu rupiah saja.

Waktu itu aku beli 5 ribu, karena memang belum tahu rasanya, jadi murni mau coba saja. Oh, iya bumbu pedasnya juga sekalian di taruh pas proses cilung belum digulung, jadi menyatu dengan telur.

Pertama kali coba rasanya gurih dari telur, kenyalnya aci, pedasnya cabai bubuk, dan gurihnya penyedap rasa melebur menjadi satu. Enak banget! haha

Sejak itu aku sering banget beli, sekali beli bisa 10 ribu, aku makan bareng suamiku. hehe

Nah, karena sekarang aku pindah di kampung, nggak ada yang jualan cilung, dan aku kok tiba-tiba pengin. Akhirnya memutuskan untuk bikin sendiri aja.

Apalagi anakku juga bakalan ikut makan, kalau bikin sendiri kita bisa mengatur seberapa banyak MSG yang kita taruh jadi nggak kebanyakan.

Resep Cilung Takaran Sendok

Bahan yang diperlukan:
  • Tepung kanji 5 sendok makan
  • Air 50 ml
  • Garam, kaldu bubuk, dan lada secukupnya

Kocok terpisah:
  • Telur ayam 1 butir
  • Keju cheddar parut (boleh di skip)
  • Saos sambal atau balado

Cara membuat Cilung/Papeda:

  1. Panaskan teflon kecil, setelah panas kecilkan api
  2. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur, lalu putar hingga merata di teflon.
  3. Di atas adonan segera berikan telur yang sudah di kocok tadi, keju, dan saos.
  4. Tunggu hingga matang tapi jangan terlalu kering agar mudah digulung.
  5. Papeda siap disajikan
Catatan penting:
  • Ketika sudah matang jangan taruh papeda hingga menempel atau tumpang tindih karena bisa lengket.
  • Agar mudah digulung adonan harus memiliki tekstur cair sehingga nggak terlalu tebal
  • Jika pas menggulung dirasa belum terlalu matang, bisa didiamkan sebentar hingga yakin jika sudah matang
Resep di atas jadi 14 gulung papeda.

Setiap gulungnya aku tambahin taburan keju agar lebih bergizi karena anakku juga ikutan makan. Tapi kalau aku pribadi lebih suka yang tanpa keju.

Ini camilan simpel dan gampang bikinnya, cuma kalau kamu pertama kali bikin biasanya agak kesulitan ketika proses menggulungnya. Tapi kalau sudah tau ritmenya, bakal gampang kok.

Selamat mencoba!



1 komentar untuk "Resep Cilung Papeda Jajajan SD Takaran Sendok"

  1. belum pernah icip jajanan ini mbak, bikin sendiri gampang ya ternyata

    BalasHapus