Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Menu MPASI 4 Bintang Untuk Bayi 6 Bulan

 Apakah si kecil sudah mau mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI)?

Wah, selamat ya! Karena anak naik ke step selanjutnya yaitu mulai makan. Dulu wkatu pertama kali anakku Rhe (atau biasa dipanggil Rey) makan di usia 6 bulan, aku juga super excited banget, nggak sabar aja gitu kayak orang-orang masakin anaknya, hehe

Tapi yang namanya pertama kali, pasti kamu juga mengalami kebingungan kayak aku dulu. Bagaimana caranya memulai memberikan makan ke anak? Teksturnya encer atau padat? Menunya buah dulu sebagai pengenalan, atau roti regal dikasih air aja dulu nih?

Nah, untuk menjawab kebingungan kamu, aku mau menulis pengalamanku ketika dulu Rhe mulai MPASI. Siapa tahu nih, hal yang aku lakukan juga bisa kamu terapkan untuk MPASI pertama buah hati kamu.

Tanda Si Kecil Siap MPASI

Saking semangatnya menyambut per-MPASI-an ini, aku tuh sampe baca buku soal MPASI dari dr Metahanindita, dan banyak nonton YouTube juga. Biasanya referensiku adalah dr. Tiwi, yang banyak sekali sharing perihal makanan anak di kanal berbagi video tersebut.

Nah, sebelum mulai MPASI kita harus melihat dulu nih, tanda si kecil sudah siap atau belum untuk makan. Diantaranya:
  • Dapat menegakkan kepala dan duduk mandiri tanpa dibantu.
  • Ada rasa tertarik dengan makanan yang orangtua makan, kalau dilihat tuh kok kayaknya pengin banget sampe si bayi berusaha meraih makanan yang sedang kamu makan.
  • Bisa memasukkan makanan ke mulut sendiri, misal dikasih biskuit bayi, dia bisa memasukkannya ke dalam mulut dan berusaha memakannya.
  • Membuka mulut ketika disodorkan makanan
  • Bisa menelan makanan dengan lancar
Pemberian makan pertama usia bayi harus 6 bulan. Kecuali jika ada kondisi medis tertentu bisa dilakukan di bawah usia 6 bulan, tentunya harus di bawah pengawasan dokter ya, jangan sembarangan dan mendiagnosis sendiri. Bahaya kalau pencernaan si kecil belum siap.

Tekstur MPASI Bayi 6 Bulan

Tekstur pertama kali MPASI adalah puree atau bubur kental, nggak terlalu encer atau terlalu kental. Tekstur ini hal yang tricky yang menurutku, harus tepat. Soalnya nih, kalau terlalu kental anak bisa muntah, dan kalau terlalu encer anak juga nggak belajar makan dan mengunyah.

Tapi yang namanya bayi yang selama hidupnya hanya minum cairan yaitu ASI atau susu formula saja, dan tiba-tiba makan makanan bertekstur, ya pastinya perlu adaptasi.

Kalau aku lihat anak-anak teman-temanku semangat banget waktu dikasih makanan pertama kali, berbeda dengan anakku yang apa-apa hoek, haha

Jadi teksturnya aku akalin agak diencerkan, dan trik ini berhasil. Tapi perlahan teksturnya aku naikin pelan-pelan. Dari yang awalnya encer semakin kental. Hingga usia 1 tahun anakku sudah bisa makan nasi utuh meski belum punya gigi, hehe

Berapa Kali Bayi 6 Bulan Makan dalam Sehari?

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menganjurkan, untuk awalan MPASI bayi 6 bulan diberikan dua kali sehari dengan makanan utama dan 1-2 kali makanan selingan atau snack..



Biasanya untuk snack Rhe aku kasih puree buah atau biskuit bayi.

Resep Menu 4 Bintang Untuk Bayi 6 Bulan


Ini adalah menu yang aku berikan untuk anakku ketika dia MPASI dulu, sesuai anjuran WHO jika MPASI 6 bulan sudah harus diberikan gizi lengkap. Nggak seperti jaman dulu ya yang hanya diberikan puree buah saja.

Oh iya, ini fotonya aku ambil dari instagram pribadiku, jadi ada watermark nama IG pribadiku, hehe

Perdana homemade MPASI buat Rey 4 Bintang.

Bahan:


⭐Karbo: Beras
⭐⭐Phohe: Daging ayam dada fillet
⭐⭐⭐Prona: Tofu
⭐⭐⭐⭐Sayur: Wortel & kembang kol
Bumtik: Daun salam
Lemak Tambahan: UB & EVOO
Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan kecuali tofu. Dan khusus kembang kol, rendam dulu dalam air garam sekitar 5 menit. Untuk menghilangkan ulat & pestisida.
  2. Rebus daging ayam untuk membuang lemak & kotorannya
  3. Kukus wortel, kembang kol, & tofu kurang lebih 30 menit
  4. Rebus beras, daun salam, & ayam hingga beras menjadi bubur
  5. Blender semua bahan kecuali daun salam, lalu saring dengan saringan kawat. Ini aku saring lagi karena takutnya saat blend nggak semua halus, jadi buat mastiin aja semua udah sesuai tekstur.
  6. Setelah saring, bagi 2 untuk makan pagi & sore. Taruh di food container atau tempat makan kedap udara lalu masukkan kulkas bawah.
  7. Tambahkan UB & EVOO masing-masing setengah sendok teh sebelum disajikan. Aku kasih LTnya nggak banyak-banyak yah, karena baby Rey BBnya udah bagus.
  8. Suapi bayi dengan penuh cinta ๐Ÿ’• dan jangan lupa berdoa ๐Ÿ˜Š

Beras & daun salamnya nggak kefoto, lupa ๐Ÿ˜…

Ini Rey makannya doyan banget, makasih ya dek, ibu jadi semangat nih masaknya ๐Ÿ˜˜

MPASI 4 Bintang buat Rey 6+

Bahan:
⭐Karbo: Beras
⭐⭐Prohe: Dada ayam fillet
⭐⭐⭐Prona: Buncis
⭐⭐⭐⭐Sayur: Kembang kol & sawi putih
๐ŸŒฟBumtik: Daun salam
๐Ÿ“LT: UB & EVOO

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan.
  2. Potong buncis, kembang kol, dan sawi putih. Khusus kembang kol rendam dulu di air garam 5 menit untuk menghilangkan ulat & pestisida.
  3. Rebus sebentar ayam untuk menghilangkan lemak kotornya.
  4. Rebus beras, daun salam, dan ayam yang sudah direbus sebentar tadi. Setelah beras setengah matang, tambahkan buncis, kembang kol, dan sawi putih. Masak hingga menjadi bubur dengan api kecil.
  5. Blender semua bahan kecuali daun salam. Lalu saring dengan saringan kawat untuk memastikan semua terblend dengan sempurna.
  6. Bagi 2 untuk pagi & sore. Untuk yang sore bisa disimpan di food container atau tempat makan kedap udara dan masukkan di kulkas bawah.
  7. Tambahkan UB & EVOO masing-masing setengah sendok teh sebelum disajikan. Aku kasih LTnya nggak banyak-banyak yah, karena baby Rey BBnya udah bagus.
  8. Suapi bayi dengan penuh cinta ๐Ÿ’• dan jangan lupa berdoa ๐Ÿ˜Š

Tips: karena aku nggak punya microwave, untuk menghangatkan makanan yang sore, biasanya aku taruh sebentar di magic com. Manfaatkan alat yang ada aja ๐Ÿ˜


MPASI 4 Bintang for Baby Rey...



Bahan:

⭐Karbo: Beras
⭐⭐Prohe: Dada ayam fillet
⭐⭐⭐Prona: Kacang panjang
⭐⭐⭐⭐ Sayur: Bayam, wortel, & labu siam
๐ŸŒฟBumtik: Bawang putih
๐Ÿ“Lemak Tambahan: UB & EVOO

Cara membuat:

  1. Cuci semua bahan lalu potong-potong. Khusus bayam cucinya minimal 3x ya, biar kotorannya beneran ilang.
  2. Rebus ayam sebentar untuk menghilangkan lemak kotor. Soalnya aku pakai ayam boiler.
  3. Masukkan beras, bawang putih geprek, & ayam ke panci, kasih air secukupnya.
  4. Ketika beras sudah menjadi nasi, masukkan wortel, labu siam, dan kacang panjang. Setelah setengah matang masukkan bayam. Aduk-aduk hingga menjadi bubur.
  5. Blender dan saring dengan saringan kawat untuk memastikan semua sesuai tekstur.
  6. Sebelum disajikan tambahkan EVOO & UB secukupnya.
  7. Jangan lupa berdoa dan suapi dede bayi dengan cinta ๐Ÿ˜Š

Alhamdulillah, Rey makannya lahap. Ini aku bikin untuk sekali makan ya, dan aku bikin sesimpel mungkin. Soalnya, setelah aku pikir-pikir kalau makanannya aku taruh kulkas & diangetin lagi, takut nutrisinya terbuang banyak. Jadi lebih baik masak sedikit-sedikit aja.

Tips: masaknya dengan api kecil aja ya. Selain biar nutrisi tetap terjaga, juga bisa disambi momong si kecil ๐Ÿ˜Š


Baby Rhea 6+


Bahan:

⭐Karbo: Kentang
⭐⭐Prohe: Dada ayam fillet
⭐⭐⭐Prona: Kacang Panjang
⭐⭐⭐⭐ Sayur: Brokoli, Wortel, & Labu Siam
๐ŸŒฟBumtik: Bawang Putih
๐Ÿ“Lemak Tambahan: Unsalted Butter & Extra Virgin Olive Oil

Cara membuat:

  1. Kupas kentang & labu siam, lalu cuci bersih semua bahan. Khusus labu siam sebelum di kupas belah jadi dua ditengah, gosokkan keduanya hingga putih berbusa untuk menghilangkan getah.
  2. Potong kacang panjang, labu siam, brokoli, dan wortel. Khusus brokoli rendam dulu di air garam 5 menit untuk menghilangkan ulat & pestisida. Lalu cuci kembali di air mengalir.
  3. Rebus sebentar ayam untuk menghilangkan lemak kotornya. Soalnya aku pakai ayam boiler.
  4. Rebus kentang, bawang putih, dan ayam yang sudah direbus sebentar tadi. Setelah kentang setengah matang, tambahkan kacang panjang, brokoli, dan wortel. Masak hingga empuk, tes tusuk pakai garpu untuk memastikan.
  5. Blender semua bahan kecuali bawang putih. Lalu saring dengan saringan kawat untuk memastikan semua terblend dengan sempurna.
  6. Tambahkan Unsalted Butter & Extra Virgin Olive Oil masing-masing setengah sendok teh sebelum disajikan. Aku kasih Lemak Tambahannya nggak banyak-banyak yah, karena baby Rhe BBnya udah bagus.
  7. Suapi bayi dengan penuh cinta ๐Ÿ’• dan jangan lupa berdoa ๐Ÿ˜Š

Kenapa Prohe nya dada ayam terus?
1. Gampang dicari.
2. Mau dikasih hati ayam sama ayahnya nggak boleh karena jeroan.
3. Daging sapi mahal.
4. Belum berani kasih ikan karena Rey masih 6 bulan. Selain takut sama durinya, takutnya Rhea alergi. Soalnya Rhe ada alergi telur juga
5. Rhea alergi telur, tapi nanti kalau udah 7 bulan pengin aku coba kasih kuning telur puyuh.

Happy cooking!

12 komentar untuk "4 Menu MPASI 4 Bintang Untuk Bayi 6 Bulan"

  1. Bagian yang sebetulnya tricky itu bagian mengukusnya, karena mesti 30 menit. Mending lah ya kalau ngawasin kompor bisa disambi nyusuin anak. Ini yang repot anaknya minta kelon terus, padahal kita harus patroli panci kukusan, hahahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting jangan sampe ketiduran ya mba, bukan cuma panci yang gosong, rumah bakal ikutan gosong, heuheu

      Hapus
  2. Terima kasih banyak sharingnya kak, sangat membantu sekali buat saya yang baru berencana punya anak. Supaya dapat gambaran dan tidak kaget saat akan mempersiapkan MPASI.

    BalasHapus
  3. Wah, jadi mommy zaman now, perlu belajar bagaimana memberikan MPASI, Menu 4 bintang utk bayi 6 bulan. Cuma saya masih ingin tanya apa UB & EVOO? Bagus ada yang memberikan resep lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. UB itu Unsalted Butter dan EVOO itu Extra Virgin Olive Oil Bu, terimakasih sudah bertanya, jadinya mau update info tulisan di atas biar lebih informatif, hehe

      Hapus
  4. wah gak kepikiran nambahin UB & EVOO
    dulu, saya juga bikin sendiri MPASI untuk anak-anak saya
    dan hanya mengandalkan daging ayam/ati ayam dan tomat untuk rasa gurih
    dan pastinya kurang gurih

    BalasHapus
  5. Udah dapat masukan nih daku tentang resep MPASI, siip nih siap bertemu jodoh lalu berumahtangga kemudian melahirkan anak untuk bisa mempraktekkan nya

    BalasHapus
  6. Wah, jadi ingat masa-masa menyiapkan mpasi buat anak-anak. Alhamdulillah masa-masa itu telah terlalui.

    BalasHapus
  7. Jadi ingat masa - masa bikin MPASI waktu anak - anak saya masih bayi. Rempong dan iya bikin menu khusus. Kalo gak gitu bingung sendiri pas mau bikin MPASI. bisa di contek nih menu nya untuk ponakan saya

    BalasHapus
  8. Ilmu baru nih buat aku soal MPASI. Meskipun belum punya anak, tapi gpp memperkaya ilmu terlebih dulu ya. Tricky bgt ya untuk memastikan tekstur MPASI pas untuk si Kecil. hehe

    BalasHapus
  9. Terima kasih ya, tulisannya bisa jadi inspirasi kalo lagi bingung mau bikin apa utk si kecil. Aku save dulu nih biar dipake nanti.

    BalasHapus