Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Ayam Panggang Jawa Mbok Cimplek Jatipuro Karanganyar

Kalau berkunjung ke Jatipuro, Karanganyar, kalian wajib cobain Ayam Panggang Jawa Mbok Cimplek. Setiap aku lewat tempatnya selalu penuh. Kadang malah ada rombongan yang naik bus makan di sana. Dengar-dengar sih karena tempat makan ini viral makanya rame banget. Pernah juga diliput salah satu stasiun TV Swasta.

Setiap pergi ke pasar aku selalu lewat didepannya, akhirnya penasaran juga, seenak apa sih ayamnya? Kok rame banget, soalnya aku punya langganan tersendiri ayam panggang jawa yang bikin aku susah move on. Tapi di Mbok Cimplek ini jauh lebih rame dari tempat aku makan biasanya.

Akhirnya aku nyobain juga ke sana, tapi apakah benar rasanya berbanding lurus dengan ke-viral-annya?

Menu Ayam Panggang Mbok Cimplek Jatipuro

Ternyata nggak hanya jual ayam panggang, di sini juga ada ikan bakar. Karena anakku sukanya ikan, jadi aku pesan ikan bakar buat dimakan on the spot dan ayam panggang utuh untuk dimakan bareng orang rumah.

Kalau dari segi rasa ikan nila bakarnya enak, tapi bakal lebih enak lagi kalau kecapnya dibanyakin dikit. Soalnya aku dan anakku suka masakan yang agak manis. Hehe

Pelengkapnya ada lalapan, daun pepaya rebus, sambal terasi, dan sambal urap. Sebagai pecinta sambal mentah, aku berharap dikasih sambal bawang atau sambal korek, tapi ternyata nggak ada.

kuliner karanganyar

Kalau rasa ayamnya enak, bumbunya meresap sampai ke dalam. Dagingnya empuk, padahal ini pakainya ayam kampung. Aroma asapnya juga jadi kenikmatan tersendiri.



Uniknya pas mau bayar, pembeli disuruh turun ke dapur. Jadinya bisa melihat langsung proses pembuatan ayamnya. Itu ayamnya seteleh dipanggang diungkep dengan bumbu yang melimpah di wajan-wajan dengan menggunakan tungku.

ayam kampung panggang

Jadi proses pertamanya sebelum diungkep ya dipanggang seperti ini. Ayam mentah ditaruh di kuali dan dipanggang dengan tungku. Penggunaan tungku ini akan membuat aroma yang khas pada ayam, karena ayam sudah terpapar asap dari kayu.

ayam kampung panggang

Jika tadi aku dan Rhe makan di dalam, ternyata di luar dekat dengan proses masak ayamnya juga terdapat semacam gazebo untuk tempat makan pengunjung. Di sini tempat makannya lebih asri karena ada di bawah pohon dan aroma dari proses panggang ayam akan menambah nafsu makan.

Harga Ayam Panggang Mbok Cimplek Jatipuro

Untuk harganya menurutku masih standar ya mulai dari Rp.25.000 hingga Rp. 100.000 untuk ayam utuhnya.

Tapi biasanya untuk ayam utuh harganya tergantung dari besar ayamnya, ada yang Rp. 75.000 - Rp.100.000.

Penutup

Jadi kesimpulannya apakah ayam panggang Mbok Cimplek enak? 

Enak, gurih, manis jadi satu. Buat kamu yang belum pernah mencoba ayam panggang kampung wajib cobain. Pasti nanti bakal ketagihan datang ke sini lagi.

Cuma aku agak menyayangkan ketikdakhadiran sambal bawangnya, huhu
 

Posting Komentar untuk "Review Ayam Panggang Jawa Mbok Cimplek Jatipuro Karanganyar"